Rabu, 15 Oktober 2014

Rangkuman Kelompok 2 Akuntansi Keuangan Menengah 1A

Pengawasan Penerimaan Kas
Dalam sebuah perusahaan penerimaan uang kas berasal dari berbagai macam sumber. Sumber penerimaan uang kas yang lazim dari penjualan tunai untuk perusahaan dagang atau industri, penerimaan tunai untuk perusahaan jasa, pelunasan piutang, disamping penerimaan lainnya seperti hasil penjualan investasi-investasi sementara atau aktiva tetap perusahaan ataupun penerimaan pinjaman karena pinjaman yang diterima dari kreditur. Agar semua hasil penerimaan ini dapat diamankan dan menjadi milik perusahaan maka pengawasan kas terdapat prosedur kegiatan administrasi yang melibatkan beberapa orang haruslah dipatuhi.
Dalam upaya melindungi kas dari pencurian dan penyalahgunaan, peusahaan patutlah mengawasi kas mulai dari saat penerimaannya hingga penyetorannya ke bank. Catatan dari semua penerimaan kas haruslah dibuat sesegera mungkin. Jikalau penerimaan-penerimaan kas dicatat dengan cara tepat waktu dan akurat, maka jumlah uang yang hilang dapat dideteksi dengan membandingkan saldo aktual dengan saldo buku.
Untuk tujuan pengawasan intern kas dapat dipergunakan langkah-langkah sebagai berikut :
 1.     Segi penerimaan uang. Penerimaan uang biasanya dapat berasal dari penerimaan piutang penjualan tunai dan pinjaman. Prosedur penerimaan uang dapat dipergunakan antara lain:
2.              Setiap penerimaan kas harus segera dibuat bukti pencatatannya dan disetorkan ke bank dengan jumlah yang utuh.
3.               Harus dipisahkan antara pejabat yang menyimpan, mecatat dan mengesahkan penerimaan kas.
Contoh Soal :
1 Mei 2014 PT ABC membayar sewa gedung sebesar Rp.10.000.000 untuk 2 bulan sewanya. Bagaimanakah pencatatan jurnalnya?
a)      Cash basis
b)      Accrual basis
Jawab :
a)      Beban sewa     Rp.10.000.000
Kas      Rp.10.000.000
Karena, cash basis jadi jurnalnya langsung dicatat. Beban sewa pada kas sebesar Rp.10.000.000
b)      Sewa dibayar dimuka             Rp.10.000.000
Kas                  Rp.10.000.000

Karena, accrual basis jadi jurnalnya dicatat juga, tetapi tidak memperhatikan sudah dibayar atau belum sewa gedung yang disewa oleh PT ABC. Sewa dibayar dimuka pada kas sebesar Rp.10.000.000

1 komentar: