Selasa, 15 April 2014

Rangkuman Akuntansi Keuangan Lanjut 2




PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI METODE EQUITY DAN PROSEDUR AKUNTANSI METODE EQUITY

Laporan Keuangan Konsolidasi adalah Laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi untuk induk perusahaan dan satu atau lebih anak perusahaan  seakan-akan entitas-entitas individual tersebut merupakan satu entitas atau perusahaan satu perusahaan. 
Konsep dasar dari metode ekuitas pada dasarnya memandang investasi Induk Perusahaan terhadap Anak Perusahaan sebagai sesuatu penyertaan modal sehingga jika aktiva bersih Anak Perusahaan berubah karena kegiatan operasionalnya, secara otomatis akan menyebabkan perubahan pada nilai investasi induk Perusahaan.


Beberapa perkiraan (account) yang perlu diperhatikan antara lain:
1. Perkiraan “Investasi Saham dalam Anak Perusahaan”, akan berubah jumlahnya apabila Anak Perusahaan melaporkan adanya Laba Rugi atau pembagian Dividen.
2. Perkiraan “Kas”. akan berubah jumlahnya apabila Induk Perusahaan melaporkan adanya Laba Rugi atau pembagian Dividen.
3. Perkiraan “Piutang Dividen Anak Perusahaan”, timbul karena perusahaan mengumumkan Dividen namun belum dibayar. Perkiraan ini harus dihapuskan apabila telah dibayar tunai (kas).
4. Perkiraan “Laba yang ditahan (Retained Earning) Induk Perusahaan”, akan berubah jumlahnya apabila Anak Perusahaan melaporkan adanya Laba atau Rugi. Selain itu akan berubah juga karena adanya Laba atau Rugi milik Induk Perusahaan sendiri.
5. Perkiraan “Laba yang ditahan (Retained Earning) Anak Perusahaan”, akan berubah jumlahnya apabila ada Laba Rugi atau pembagian Dividen pada Anak Perusahaan sendiri.

Adapun prosedur penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi
1.         Mengeliminasi semua rekening timbal balik (Recipocal Account)
2.         Menyusun Kertas Kerja (Worksheet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar